Tata Cara dan Etika dalam Penulisan di Blog

Internet adalah sebuah jaringan komputer  yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, pada awalnya internet hanya dipakai untuk keperluan  militer Amerika Serikat dan pada mulanya hanya menghubungkan empat jaringan komputer saja. Mengikuti perkembangan teknologi dunia, internet tidak lagi hanya digunakan pada keperluan militer saja. Saat ini internet dapat diakses oleh seluruh orang didunia. Kebebasan dalam mengakses internet membuat orang memasukkan apapun seperti foto, video, tulisan, dan lain-lain, tetapi, kebebasan tersebut tidak diimbangi dengan etika atau aturan-aturan yang harus dilakukan dalam mengakses suatu tulisan di media.

Banyak sekali orang yang terkena masalah karena tidak mengedepankan etika atau adab dalam melakukan penulisan di internet, seperti kasus Prita Mulyasari pada tahun 2009 yang awalnya hanya menyampaikan keluhan pelayanan pada suatu rumah sakit di blog pribadinya dan akhirnya berujung pada proses pengadilan dirinya. Di tahun yang sama, kasus yang menyorot perhatian lainnya adalah banyak pesepak bola terkenal di dunia yang menuliskan kekesalannya di sebuah media social. Akibat kata-kata yang dituliskannya kurang baik maka banyak pesebak bola tersebut harus membayar denda kepada pihak yang terkait.

Salah satu situs web yang sering kita gunakan untuk menulis catatan-catatan seperti artikel, catatan-catatan pribadi, informasi-informasi yang bermanfaat, dan lain-lain adalah Blog.

Blog merupakan sebuah catatan online yang dapat dilihat, dibaca, dan dikomentari oleh pengguna internet lainnya seperti halnya diary atau tempat curhat untuk melepaskan ide dan keluhan, informasi yang bermanfaat, artikel, catatan pribadi, cerpen, dan lain-lain yang dapat diperbaharui (diupdate) secara teratur dan dapat diakses secara online, baik untuk umum maupun pribadi.

Dalam menulis di blog, tentu harus ada etika dan tata cara yang harus diperhatikan agar tidak terjadi permasalahan seperti kasus-kasus yang telah disebutkan di atas. Berikut ini adalah beberapa tata cara dan etika yang harus diperhatikan:

1. Biasakan mencantumkan sumber tulisan yang diambil pada tulisan anda

Pada dasarnya hal ini adalah suatu kesadaran moral sesorang untuk mencamtukan dasar dari sumber penulisan yang dibuat, karena jika tidak mencantumkan sumber maka sama saja disebut dengan plagiatisme. Suatu tulisan yang terdapat sumber berasal maka menandakan bahwa tulisan yang dibuat dapat dibuktikan kebenarannya dan akan meningkatkan kepercayaan para pembaca.

2. Menggunakan Inisial beserta bukti otentik

Pada saat penulisan suatu kasus yang belum pasti kebenarannya, sebaiknya nama orang yang terkait dengan kasus tersebut diinisialkan. Dan saat menuliskan suatu kasus dalam suatu internet jangan lupa menyertakan bukti-bukti yang otentik seperti foto, link tulisan sumber atau berkas pendukung lainnya.

3. Penentuan Kata Kunci (keyword) yang tepat sesuai tujuan tulisan

Sering kali orang menetukan kata kunci dari penulisannya tidak sesuai dengan tujuan penulisan itu dibuat, ini dilakukan biasanya hanya untuk meningkatkan rating blog reader agar blog tersebut lebih populer. Hal ini akan mengganggu atau bahkan membuang-buang waktun pembaca saja yang mungkin sedang mencari bahan tulisan sesuai kata kunci yang dicari. Maka dari itu buatlah kata kunci yang sesuai dengan tulisan yang anda buat.

4. Tata cara menulis dengan baik, sopan dan sesuai dengan EYD.

Ini etika yang sangat penting dalam penulisan di suatu media internet, tata cara bahasa yang mengikuti EYD akan membuat tulisan kita akan dinilai baik dan jelas. Kesopanan juga hal sangat penting dalam melakukan penulisan jangan sampai tulisan yang kita buat akan mendatangkan masalah untuk diri kita sendiri.

5. Menulis secara faktual (Sesuai dengan fakta yang ada)

Jika ingin menuliskan sesuatu dalam media internet pastikan bahwa kebenaranya sudah dipastikan atau sesuatu yang sudah menjadi fakta bukan berupa suatu isu yang penyebarannya dari mulut ke mulut.

6. Tulisan berisi kondisi yang sebenarnya (apa adanya)

Dalam penulisan di internet sudah seharusnya menulis sesuai dengan apa yang terjadi, tidak boleh melebih-lebihkan suatu tulisan yang dapat merugikan bahkan menyakiti sesorang. Penulis juga harus mengusahakan untuk tidak berbohong agar kepercayaan para pembaca tidak menurun.

7. Baca kebijakan Blog Provider secara saksama

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya sebelum membuat suatu tulisan dalam blog terlebih dahulu membaca kebijakan privasi blog provider secara seksama dan hati-hati karena kebijakan privasi tersebut berisi peraturan yang harus ditaati oleh pengguna atau user.

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang tidak diperbolehkan dalam menulis di internet khususnya di blog. Oleh karena itu, jadilah penulis yang memperhatikan etika dalam menulis agar tidak merugikan orang lain. Beberapa hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat menulis di blog:

  • Tulisan yang mengandung SARA yang bertujuan untuk menghasut kelompok tertentu
  • Konten-konten yang mengandung pornografi baik yang bergerak ataupun tidak
  • Tulisan yang berisi kata-kata yang kasar dan tidak baik atau tulisan yang bersikap menteror seseorang
  • Vandalisme yang dilakukan sengaja dan tidak bertanggung jawab
  • Merubah dokumen asli tanpa seijin pemiliknya
  • Mendukung peradaran software crack yang dapat diunduh bebas.

 

Referensi:

http://www.belajarkomputer.org

http://iambigsmart.wordpress.com/author/ku2hndud/

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: