Hidup Adalah Pilihan

Hidup memang adalah pilihan. Dua sisi yang berbeda, tidak searah, dan bertolak belakang. Masing-masing punya kekuatan dan kelemahan, dan tidak ada yang hanya memiliki segi positifnya saja.

Kita harus berani untuk memilih jalan yang kita inginkan. Menentukan pilihan bagaikan bermain judi, penuh spekulasi, salah sedikit, kita akan masuk ke keadaan yang tidak menyenangkan. Ketika kita memutuskan untuk memilih sebuah pilihan hidup, tentunya bisa salah bisa benar. Namun itulah resiko hidup yang harus kita hadapi. Keraguan yang kita miliki justru kadang bisa membuat kesimpangsiuran jalan hidup. Oleh karena itu, singkirkanlah keragu-raguan itu dan jangan biarkan menyelimuti hidup kita.

Saat memilih dan itu ternyata benar, anggaplah itu keberuntungan dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai jalan hidup yang harus dipegang dengan sungguh-sungguh. Jadikan sebagai pilihan hidup menuju hidup yang lebih baik. Bersyukur dan berterimakasih atas pilihan yang benar yang telah diputuskan dan sebagai nasib baik yang telah didapatkan dan menyadari bahwa itu adalah sebagai kehendak Tuhan atas hidup kita dijalan yang seharusnya ditempuh dan dilalui.

Namun, ketika kita anggap pilihan yang dipilih itu adalah jalan salah dan menyimpang dari yang seharusnya, tak perlu juga menyisakan waktu untuk menyesalinya dan menangisinya. Akan tetapi gunakanlah waktu yang ada untuk merubah kesalahan memilih itu untuk diarahkan ke arah yang benar dengan memperbaiki sudut pandang dan cara hidup yang lebih baik dengan memetik pembelajaran atas kesalahan yang telah dilakukan dimasa lalu.

Jangan menjadikan kesalahan sebagai pembenaran bahwa kita adalah manusia yang tak lepas dari kesalahan. Karena jikalau demikian, maka kesalahan akan berulang kembali dan menyebabkan kita tak bisa lepas dari kesalahan yang lebih dalam lagi. Pembenaran itu akan selalu menjadi senjata atas kesalahan yang telah dilakukan yang selanjutnya akan berkubang dalam kesalahan yang membuat kita sulit untuk terlepas dan keluar dari kubangan kesalahan.

Hidup seperti koin yang bersisi dua, setiap saat penuh dengan teka-teki dan misteri. Namun sebagai orang bijak, pilihan harus diambil dengan ketulusan hati nurani.

Hidup adalah sebuah pilihan, jalan yang benar atau salah, kita sendirilah yang akan mempertanggungjawabkan semuanya.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: