STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI

Kepuasan dalam bekerja merupakan keadaan emosional yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan dimana para karyawan memandang pekerjaannya. Hal ini nampak pada sikap karyawan terhadap pekerjaannya, sikap positif bila puas atau sikap negatif bila tidak puas.
Ketidakpuasan karyawan dapat dinyatakan dalam berbagai cara misalnya, berhenti bekerja, karyawan mengeluh, tidak patuh, atau mengelakkan sebagian dari tanggung jawab kerjanya. Sementara kepuasan kerja merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh setiap karyawan di tempat kerjanya. Adanya karyawan yang puas membuat moral kerja, dedikasi, kecintaan, dan kedisiplinan karyawan meningkat. Untuk itu sudah menjadi keharusan bagi perusahaan untuk menciptakan kepuasan kerja para karyawannya.
Jadi kesimpulannya adalah kepuasan dan moral sangat saling berhubungan, karena ketika diri setiap individu tidak merasa puas terhadap hasil kinerjanya di perusahaan, maka akan berdampak pada moral setiap individu tersebut. Baik dan buruknya moral setiap individu bergantung pada kepuasan yang diperoleh.

Strategi untuk meningkatkan Kepuasan dan Moral Kerja
Untuk strategi meningkatkan kepuasaan dan moral kerja karyawan, perusahaan-perusahaan biasanya mencoba untuk membuat dan mengimplementasikan berbagai jenis program yang dirancang untuk membuat pekerjaan menjadi lebih menarik, sehingga dapat meningkatkan kepuasaan dan moral kerja dari karyawan.
Program-program yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kepuasan dan moral dari karyawan antara lain :
1. Menaikan upah karyawan.
2. Memberikan kenaikan jabatan kepada karyawan yang berprestasi.
3. Kepastian kerja.
4. Memberikan bonus uang tunai kepada karyawan yang berkinerja baik dalam perusahaan.
5. Memberikan kompensasi kepada karyawan.
6. Menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.

Motivasi dalam Lingkungan Kerja
Seorang Manajer harus mampu untuk memotivasi karyawannya secara aktif dan harus dapat mempengaruhi tingkat motivasi karyawannya, jika kinerja perlu diperbaiki, manajer harus turut campur dan membantu menciptakan atmosfer yang mendorong, mendukung, dan mempertahankan  perbaikan.
Motivasi dalam lingkungan kerja sangat berpengaruh terhadap kinerja yang akan dilakukan seorang karyawan untuk melakukan suatu aktivitas kerjanya di suatu perusahaan, ketika motivasi karyawan untuk melakukan suatu aktivitas kerja menurun, ini akan berdampak pada hasil kinerja kerjanya yang menjadi tidak maksimal. Begitu sebaliknya, ketika motivasi karyawan meningkat maka hasil dair aktivitas kerjanya akan maksimal dan baik.
Maka seorang manajer harus aktif memotivasi karyawannya dengan cara yang baik agar tercipta lingkungan kerja yang baik.

Strategi Untuk Meningkatkan Motivasi Kerja

Ada tiga aspek penting yang berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang dalam bekerja, yaitu : SKILL, ATTITUDE dan MOTIVASI. Untuk aspek skill dapat ditingkatkan dengan melakukan program training, untuk attitude dapat dilakukan dengan program training pengembangan diri sedangkan untuk meningkatkan motivasi seringkali tidak sekedar memberikan input pengetahuan tetapi juga perlu melihat akar masalah yang membuat kurangnya termotivasi. Seringkali motivasi juga lebih banyak dipengaruhi oleh faktor internal dibandingkan dengan faktor eksternal. Ada enam strategi yang dapat membantu meningkatkan motivasi kerja seseorang yaitu :

1. Sasaran

Sasaran yang jelas dan tegas akan membantu individu untuk tetap focus pada tujuan yang realistis. Karena semakin tidak realistis maka semakin mudah individu menjadi frustrasi.

2. Partisipasi

Umumnya setiap orang akan lebih bersemangat jika mengerjakan suatu tugas dimana ia punya kontribusi dalam prosesnya. Libatkanlah bawahan kita untuk memikirkan langkah-langkah pengembangan perusahaan.

3. Pengakuan

Lakukan pengakuan non-financial berupa pujian dari atasan akan memberikan dampak yang sangat besar bagi individu. Pengakuan sendiri berkaitan dengan enam kebutuhan dasar manusia yang paling dicari.

4. Komunikasi

Dengan melakukan komunikasi yang intens maka bawahan akan merasa lebih dipercaya dan merasa aman. Hal ini tentunya akan membantu individu untuk bekerja dengan tenang.

5. Kesempatan

Pada umumnya setiap orang memiliki keinginan untuk berkembang, namun banyak hal yang berpengaruh. Antara lain : adanya kesempatan untuk berkontribusi dan meningkatkan potensi dirinya.

6. Kerjasama

Manusia adalah mahluk sosial sehingga interaksi dengan oranglain merupakan kebutuhan yang mutlak harus ada walaupun pada orang yang sangat introvert sekalipun.

Strategi diatas akan memberikan dampak yang besar jika didukung dengan system yang tepat, corporate culture yang konduksif, serta komitmen dari atasan untuk mengimplementasikan budaya perusahaan yang berbasis pada pengembangan SDM.

Pada prakteknya  sebelum melaksanakan perlu terlebih dahulu dilakukan manajemen assessment, untuk melihat kesiapan manajamen terhadap perubahan-perubahan. Enam strategi diatas menjadi dasar untuk meningkatkan motivasi, karena motivasi setiap orang lebih bersifat intrinsik dan personal, sehingga kejelian dari atasan untuk menggunakan strategi yang mana menjadi kunci dari keberhasilan dalam memotivasi bawahan.

http://routeterritory.wordpress.com/2009/10/29/motivasi-kepuasan-dan-memimpin-karyawan/

http://psy-herlangga.com/2010/02/strategi-meningkatkan-motivasi-kerja-karyawan/

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: