Bisnis Foto Copy

Di setiap lingkungan sekitar sekolah dan universitas seringkali dijumpai tempat foto copy. Tiap hari selama aktivitas belajar mengajar berlangsung, biasanya tempat tersebut ramai konsumen, umumnya terjadi di sekitar lingkungan kampus. Bila kita mempunyai modal yang banyak dan keinginan untuk berbisnis, kita bisa mencoba usaha foto copy ini. Namun, sebelum memutuskan usaha ini, pertama cobalah membuat riset kecil-kecilan. Pada saat jam sekolah atau kuliah, coba perhatikan seberapa sering mereka melakukan aktifitas foto copy.

Setelah itu ada berapa tempat foto copy yang ada di sekitar sekolah atau universitas tersebut. Jika tempat foto copy yang sudah ada selalu ramai, itu artinya pasar masih terbuka.

Cek berapa harga yang mereka harapkan dan seberapa cepat pelayanan yang bisa dilakukan.

Selain menyediakan jasa foto copy, bisa menambahkan dengan menawarkan produk jilid, laminating, press. Jangan lupa juga persiapan modal cadangan dan supplier. Terutama untuk barang yang banyak terpakai/terjual seperti ATK, kertas, toner/tinta, dan lainnya. Selain itu, bisa menambahkan pula dengan menjual alat-alat tulis,seperti buku tulis, pulpen, pensil, dan lain-lain. Jangan sampai sering kehabisan stock karena perlu beberapa hari mendapatkan barang. Hal ini dapat berpengaruh terhadap konsumen, konsumen akan lari ke pesaing kita.

Pelayanan dan Mutu

Buatlah pelayanan yang baik, ramah, menarik, cepat dan tepat, menjaga kualitas dan mutu, serta menjaga kerapian dan keindahan dari setiap order. Faktor-faktor tersebut perlu dijaga untuk memuaskan para konsumen.

Pemilihan Tempat/lokasi dan Harga

Pemilihan tempat atau lokasi untuk membuka usaha foto copy juga sangat menentukan laris tidaknya usaha ini. Harga juga termasuk salah satu faktor yang diperhatikan oleh konsumen.

Peningkatan Penawaran

Perkembangan penawaran disektor usaha foto copy pada saat ini memang umum di lingkungan kampus. Hal tersebut disebabkan sektor usaha ini sudah dibidik secara serius. Oleh karena itu, agar usaha foto copy menjadi lebih baik maka perlu peningkatan penawaran yang memberikan nilai lebih bagi konsumen dengan cara mendiskon harga dengan ketentuan yang berlaku.

Musim Liburan Sepi order

Usaha foto copy ini tidak selamanya ramai konsumen apalagi biasanya yang menggunakan jasa foto copy berasal dari pelajar dan mahasiswa. Maka pada saat musim liburan tiba, kesulitan dalam  usaha foto copy ini sangat dirasa. Hampir setiap musim liburan, usaha foto copy selalu sepi akan order. Hanya instansi dan masyarakat umum yang pada waktu liburan masih tetap menggunakan jasa foto copy. Ditambah harga kertas mulai naik.

Prospek Cerah

Usaha foto copy ini memiliki prospek cerah untuk jangka waktu yang lama, akan tetapi harus juga mengimbangi dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang.

Prospek Penawaran di Masa yang Akan Datang

Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha foto copy pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif (lebih banyak produk yang ditawarkan dalam hal ini tidak dimiliki oleh pesaing) maupun lebih kompetitif (dilihat dari kualitas, harga dalam hal ini tidak terlalu diperhitungkan dikarenakan para pesaing juga melakukan banting harga).

http://bisnisukm.com/bisnis-fotocopy-tetap-menjanjikan.html

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: