Poses Pemasaran dan Perilaku Konsumen

Proses Pemasaran

Pemasaran (Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seseorang membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.

Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion).

• Produk, pemasaran dimulai dengan produk-barang, jasa, atau gagasan yang
dirancang untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen. Diferensiasi
produk adalah penciptaan ciri atau citra yang membuat produk berbeda dari
para pesaing.

•  Penetapan harga, strategi menyeleksi harga yang tepat untuk menjual produk.

•  Distribusi, berhubungan dengan membawa produk dari produsen kepada konsumen.

•  Promotion, merujuk pada teknik mengkomunikasikan informasi tentang produk dan juga mencakup periklanan.

Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.

Contoh Proses Pemasaran

Perubahan gaya hidup acap kali mempengaruhi pola konsumsi masyarakat. Salah satu perubahan itu adalah digemarinya mie instan sebagai makanan pengganti nasi. Kian hari produk ini kian menjadi makanan pilihan konsumen, karena selain praktis dan harganya terjangkau, mie instan juga cukup mengenyangkan perut.

Indomie merupakan perusahaan mie instan terbesar di dunia. Citra Indomie sangat kuat di pasaran. Begitu kuatnya citra indomie, masyarakat menganggap seolah–olah mie instan itu adalah Indomie.

Meninjau Indomie dari sisi produk, harga, dan promosi :

1. Product (Produk)

Nama produk : Indomie

Satu bungus indomie disertakan 2 sachet berisi bumbu-bumbuan yaitu kecap manis, saus sambal, minyak palm, bubuk perasa, dan bawang goreng. Indomie juga tersedia dalam bentuk jumbo. Indomie memiliki bermacam-macam rasa sesuai dengan selera masyarakat Indoonesia. Indomie pun selalu berusaha memenuhi keinginan konsumen yang semakin banyak, terbukti dengan semakin bertambahnya variasi produk Indomie, mulai dari mie goreng, mie soup, mie regional (mie dengan variasi rasa sesuai dengan masakan tradisional daerah-daerah Indonesia), mie premium, serta mie jumbo.

2. Price (Harga)

Indomie dapat di beli perbungkus, paket 5 bungkus, atau paket satu kardus. Harganya murah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. Dengan harga sekitar Rp1000 cukup dapat mengenyangkan perut.

3. Place (Tempat)

Jaringan distribusi Indomie sangat luas. Indomie dapat kita dapat di pasar tradisional, pasar swalayan, toko-toko kecil, warung-warung misalnya warung kopi yang menyediakan mie instan sebagai menu utama.

4. Promotion (Promosi)

Indomie menggunakan tagline “Indomie Seleraku”. Promosi melalui iklan-iklan seperti iklan di TV, menjadi sponsor acara-acara tertentu, mengadakan event-event seperti menggelar  ajang membuat lagu “jingle” untuk para pelajar SMA. Event seperti ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan brand awareness remaja/pelajar mengenai produk Indomie. Indomie melihat remaja/pelajar sebagai customer masa depan, jadi sejak sekarang Indomie mulai memberikan semacam ”edukasi” mengenai Indomie. Selain itu untuk memelihara eksistensinya, Indomie juga beriklan dengan cara membuatkan spanduk bertema Indomie.

Indomie sebagai pemimpin pasar tidak terlena dengan posisi terdepan, namun tetap memikirkan strategi-strategi yang dapat mempertahankan pangsanya atau bahkan meningkatkan pangsa pasarnya.

Beberapa strategi pengembangan produk telah dijalankan Indomie seperti Indomie Jumbo dengan ukuran yang besar, Mie Meriting dengan kualitas produk serta kemasan yang baik dan menarik, Chatz Mie dengan rasa internasional dan My Noodle yang menargetkan anak-anak sebagai sasaran pasarnya. Bahkan diproduksi pula Mie Vegetarian untuk pasar yang tidak mengonsumsi bahan makanan hewani. Selain itu, diluncurkan pula produk Indomie Selera Nusantara (ISN) dengan 32 macam rasa makanan daerah.

Perilaku Konsumen

Tiga faktor yang mempengaruhi pilihan konsumen :

1.Konsumen Individu

Pilihan merek dipengaruhi oleh :

• Kebutuhan konsumen

• Persepsi atas karakteristik merek

• Sikap kearah pilihan.

Pilihan merek juga dipengaruhi oleh demografi konsumen, gaya hidup, dan karakteristik personalia.

2. Pengaruh Lingkungan

Lingkungan pembelian konsumen ditunjukkan oleh

• Budaya (norma kemasyarakatan, pengaruh kedaerahan atau kesukuan)

• Kelas sosial (keluasan grup sosial ekonomi atas harta milik konsumen)

• Grup tata muka (teman, anggota keluarga, dan grup referensi)

• Faktor menentukan yang situasional (situasi dimana produk dibeli, seperti keluarga yang menggunakan mobil dan kalangan usaha).

3. Marketing strategy

Merupakan variabel dimana pemasar mengendalikan usahanya dalam memberitahu dan mempengaruhi konsumen. Variabel-variabelnya :

• Barang

• Harga

• Periklanan

• Distribusi yang mendorong konsumen dalam proses pengambilan keputusan.

Pemasar harus mengumpulkan informasi dari konsumen untuk evaluasi kesempatan utama pemasaran dalam pengembangan pemasaran.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: