Pengertian dan Jenis-jenis Bisnis

Anda mungkin sering mendengar kata bisnis. Apa sih bisnis itu? Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”, yaitu sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang  mendatangkan keuntungan.

Aspek-aspek bisnis :

–          kegiatan individu dan kelompok

–          penciptaan nilai

–          penciptaan barang dan jasa

–          keuntungan melalui transaksi

Jadi, bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

Dalam sistem ekonomi kapitalis, dimana bisnis banyak dimiliki oleh pihak swasta, bisnis bertujuan untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun, tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Kata bisnis memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya, yaitu  kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian”. Penggunaan yang paling luas dapat merujuk pada sektor seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa.

Bagi sebagian orang mungkin ragu-ragu atau belum berani untuk terjun ke dalam dunia bisnis atau usaha. Modal usaha yang kecil atau bahkan belum memiliki modal usaha sama sekali biasanya menjadi faktor utama penyebab ketidakberanian dalam melangkah ke dunia usaha. Sebenarnya hal ini bukanlah menjadi masalah yang serius bagi kita yang ingin terjun ke dunia usaha. Kita bisa tetap memulai usaha, baik dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sekalipun asalkan kita serius dan mau berusaha. Bisnis tidak hanya bergantung pada modal uang saja, tetapi banyak faktor yang mendukung terlaksananya sebuah bisnis, misalnya reputasi, keahlian, ilmu, sahabat dan kerabat dapat menjadi modal bisnis.

Diantara beragam jenis bisnis, ada beberpa jenis bisnis dimana hanya menggunakan modal yang relatif kecil atau bahkan tanpa modal sekalipun, diantaranya :

–          Bisnis pulsa, dengan modal antara 100 hingga 200 ribu rupiah sebagai doposito awal, anda bias berjualan pulsa melalui HP Anda sendiri.

–          Makelar atau perantara jual beli, dimana kita menjadi perantara dalam jual beli  dengan imbalan berupa komisi, cukup dengan modal yang relatif kecil untuk menghubungkan antara penjual dan pembeli. Misalnya menjadi perantara jual beli rumah, jual beli tanah, jual beli mobil dan lain-lain hanya diperlukan modal transportasi dan pandai berbicara saja.

–          Mengajar les private, kita bisa memulai dari lingkungan tempat tinggal kita. Mengenai bahan ajarnya bisa diperoleh dari meminjam / mencari-cari materi pembelajaran di internet atau di perpustakaan sebagai modal mengajar yang tentu disesuikan dengan kurikulum anak didik kita.

Salah satu contoh jenis bisnis lainnya yaitu bisnis affiliasi. Bisnis affiliasi adalah kita mempromosikan produk milik orang lain, dan apabila terjadi transaksi sesuai dengan aturan yang disepakati, maka kita akan mendapat komisi. Pada awalnya, bisnis affiliasi memang terbatas pada kegiatan mempromosikan barang dagangan milik orang lain, dan apabila ada orang yang membeli melalui referensi kita, maka kita akan mendapatkan ‘tips’ dari transaksi yang terjadi. Namun dengan pesatnya perkembangan bisnis internet, maka bisnis affiliasi turut berevolusi sehingga tidak lagi terbatas pada proses menjual saja. Salah satu contoh bisnis affliasi diantaranya :

–          Pay Per Sales (PPS). Pay Per Sales adalah jenis bisnis affiliasi tradisional dimana seorang affiliate akan mendapat komisi setiap kali produk atau layanan milik penyedia jasa affiliate terjual. Contohnya Amazon Associates , Clickbank, dan PayDotCom.

–          Pay Per Action (PPA). Pay per action adalah jenis bisnis affiliasi dimana seorang affiliate akan mendapat komisi setiap kali ia berhasil mereferensikan orang lain untuk melakukan suatu kegiatan sesuai dengan yang disyaratkan oleh penyedia program affiliasi. Kegiatan di sini biasanya bersifat spesifik dan memiliki parameter-parameter tertentu yang harus dipenuhi. Misalnya mengisi survey, mengunduh software, dan sebagainya. Contoh program affiliasi jenis ini adalah CPALead.

Ada lagi jenis bisnis yang dilakukan dimana saja dan kapan saja, misalnya kegiatan usaha atau bisnis di depan  komputer, laptop atau HP yang dikoneksikan ke internet. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan diantaranya :

  • Jadi penulis riview di beberapa penyedia jasa riview
  • Jualan barang dan jasa di internet
  • Jadi publisher iklan
  • Jasa setting via remote
  • Jadi publisher rangking blog
  • Referal jualan produk
  • Jasa pembuatan website

Kunci untuk berbisnis adalah motivasi dan keberanian untu memulainya. Modal kecil bukan penghalang untuk kita berbisnis jika memang ada kemauan, usaha, dan optimis untuk berhasil.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: